Tips Mengelola Keuangan yang harus Mahasiswa Ketahui



hibatuwafi.com - Bagi Mahasiswa yang sedang merantau jauh dari keluarga di rumah merupakan tantangan tersendiri, mengapa demikian? karena Anda dituntut untuk mandiri, belajar dan mengelola kiriman uang yang diberikan kedua orangtua supaya cukup untuk keperluan sehari-hari selama sebulan. Kesalahan yang biasanya dilakukan oleh mahasiswa adalah kurang tepat dalam pengelolaan keuangan, sehingga berdampak pada pembengkakan pengeluaran, hutang dimana-mana, beban pikiran dan kegelisahan diakhir bulan.

Lalu bagaimana agar kita terhindari dari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut? nah.. ini ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk kita, bagaimana tips efektif mengelola keuangan bagi bahasiswa.

#1 Bedakan Antara Kebutuhan dengan Keinginan!


Hal pertamakali yang Anda lakukan ketika mendapatkan kiriman dari orangtua harus bisa memperiotaskan antara kebutuhan dan keinginan.

Kadangkala ketika kita sedang memanggang uang, banyak sekali keinginan-keinginan yang ada dibenak kita untuk membeli sesuatu, etah itu penting atau tidak.
\
Padahal ini adalah sebuah kesalahan, sebab akan selalu ada yang penting dan bahkan yang paling penting yang memang harus dipenuhi dalam kebutuhan.

Jadi, biasakan untuk mengetahuinya dengan baik dan memenuhi hanya kebutuhan yang paling penting saja, artinya yang tidak begitu penting harus diabaikan.

#2 Buat Daftar Kebutuhan


Agar tips diatas berjalan dengan baik, sebaiknya biasakan untuk membuat daftar jenis kebutuhan sehari-hari. kebutuhan kita sebagai mahasiswa biasanya terbagi menjadi dua yakni kebutuhan primer dan sekuder. kebutuhan primer dalam pengeluaran keuangan adalah kebutuhan yang benar-benar penting seperti biaya sewa kamar kos, listrik, makan setiap hari dan pulsa. Dan ada pula kebutuhan sekunder dalam pengeluaran (kebutuhan yang tidak terlalu urgent tapi butuh) seperti biaya fotocopy, parkir, jalan-jalan dengan teman, atau  shopping.

Anda perlu membuat catatan kebutuhan-kebutan ini dan mengelompokannya apakah masuk pada kebutuhan primer atau kebutuhan sekunder. Kemudian ambilah beberapa amplop lalu masukan kedalamnya sesuai dengan catatan kebutuhan-kebutuhan yang telah dikelompokkan, nah.. setiap kali Anda mendapatkan kiriman uang diawal bulan, langsung  masukan  uang  di  masing-masing amplop dengan  jumlah yang Anda tentukan  sendiri  sesuai  perkiraan pengeluaran. agar lebih terkontrol dalam pengeluaran uang sebaiknya Anda memasukan pula struk atau bukti pembayaran di setiap amplop, guna memeriksa kembali pengeluaran tersebut disetiap akhir bulannya.

#3 Cari Tempat Belanja Yang Harganya Miring.

Setelah beberapa tips diatas dilaksanakan, ada beberapa hal lagi yang harus Anda ketahui sebagai Mahasiswa di perantauan. Apabila membeli makan sehari-hari jelilah dalam membandingkan harga antara warung satu dengan yang lainnya. mengapa demikian? karena dengan membandingkan harga, kita mengetahui mana warung yang benar-benar murah, walaupun harganya beda 500-1000 rupiah lumayan kan jika ditabung. selain hal tersebut ada juga yang bisa disiasati dalam membeli nasi, sebaiknya dibungkus karena dengan membungkus nasi kita tidak usah membeli minum cukup dengan air putih yag ada di kamar.

#4 Memanfaatkan Waktu Luang dengan Bekerja.


"Waktu bagaikan pedang jika anda tidak memotongnya makan anda lah yang akan terpotong!" Begitulah petikan kata bijak yang berbicara tentang waktu, hendaknya kita harus bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Ngomong-ngomong soal waktu kosong, bagi Anda selepas kuliyah yang tidak ada kegitan lagi, bisa mencari sebuah pekerjaan part time yang tepat dan sesuai, lalu mendapatkan imbalan yang sesuai.
Lumayan kan, selain Anda bisa memanfaatkan waktu luang, dapat pengalaman baru diluar jam kuliyah, juga bisa menambah uang bulanan, syukur-syukur jika ada lebihnya bisa di tabung. Wah hidup kalau kayak gini tidak ada waktu yang terbuang sia-sia, mudah-mudahan berkah.

#5 Tingkatkan Ibadah


Serapi apapun rencana yang telah Anda susun dan rancang, Anda tak pernah tahu apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan menimpa (Musibah). oleh karena itulah hendaknya kita imbangi dengan mendekatkan diri kepada sang Kholiq, bagi Anda seorang Muslim/Muslimah tingkatkan ibadah, shalat lima waktu tepat waktu, rutin puasa senin-kamis, shalat tahajud, dhuha dan Bershadaqah.

Jika kita menjalan Ibadah akan menguatkan diri kita baik dari sisi rohani maupun jasmani. sukses bukan hanya dari sisi Dunia saja kita juga harus sukses di sisi Akhirat bro..! so.. apabila sudah dilaksanankan terakhir tinggal tawaqal ila Allah.

Setelah mengetahui Tips Mengelola Keuangan yang harus Mahasiswa Ketahui di atas, Semoga Anda terbantu dalam mengatur mengelola keuangan. harapan penulis apa yang anda cita-cita dengan susah payah segera tercapai.


Postingan terkait:

Bagaimana menurut Anda? Senang sekali jika Anda mau berbagi pendapat dengan saya disini. :)