7 Tips Membeli Buku Bagi Mahasiswa


Seorang Mahasiswa yang aktif dalam kegiatan Akademik tentunya mempunyai segudang aktivitas keilmiahan yang membutuhkan berbagai macam tompangan referensi dari berbagai macam buku yang ia perlukan, selain mencari buku diperpustakaan, membeli buku merupakan salasatu upaya menambah referensi yang belum ada sekaligus sebagai tambahan baru dalam mengoleksi berbagai macam buku.
Agar tak asal-asalan dalam membeli buku berikut ini ada 6 Tips Membeli Buku Bagi Mahasiswa yang perlu anda ketahui:
#1. Menentukan Topik Buku Yang Ingin Anda Beli
Menentukan Topik Buku yang hendak kita beli sangatlah penting, karena dengan adanya topik buku, tujuan kita membeli buku akan terarah ibarat sebuah perjalanan pasti ada tujuan yang hendak dituju, begitu pula halnya dengan membeli buku.
ada baiknya apabila Anda membeli buku dalam jumlah yang banyak buatlah daftar/catatan buku apa saja yang hendak dibeli.
karena dengan adanya daftar/catatan akan memudahkan Anda dalam memperioritaskan buku apa saja yang memang benar-benar dibutuhkan. 

karena ada beberapa tipe orang dalam membeli buku:
  • Membeli Buku Karena Kebutuhan yang Penting, seperti untuk tugas kuliyah, mendalami suatu bidang Ilmu / keterampilan,
  • Membeli Karena dapat Saran dari Teman
  • Membeli Buku karena sedang iseng-iseng ke Toko Buku
  • Membeli Buku Karen Hoby Baca Buku.
Anda termasuk yang mana?

#2. Baca Sinopsis tentang buku yang ingin Anda beli
Sinopsis merupakan salah satu elemen terpenting yang ada dibuku. Sinopsis adalah ringkasan isi buku / deskripsi singkat tentang apa yang dibahas di buku tersebut., Sebelum memutuskan untuk membeli buku sebaiknya Anda Baca Sinopsis Buku yang terletak dibagian belakang buku.
Nah dengan membaca sinopsis sangat membantu bagi Anda untuk memastikan apakah buku yang hendak dibeli sesuai dengan Topik yang Anda cari.
#3. Lihat Penulis
Tulisan yang baik biasanya ditulis oleh seorang penulis yang berkompeten dibidangnya. sebab, seorang penulis yang kompeten dibidangnya sudah tentu menguasai seluk beluk tentang apa yang ia kuasai, namun sebaliknya penulis yang kurang dalam bidangnya akan berpengaruh terhadap tulisan yang ia tulis (baca: kurang berbobot).
sebagai contoh apabila anda membeli sebuah buku tentang Pendidikan hendaknya anda mencari Penulis dibidang Pendidikan seperti Prof. Dr. Zakiyah Darajat, Mohaimin, Imam Barnadib dll. lain halnya apabila yang anda cari Novel maka cari Penulis Novel yang terkenal seperti Tere Liye, Andrea Hirata, Habiburrahman El-Shirazy, Ma'mun Affany dan masih banyak yang lainnya.
#4. Buku Best Seller
sebaiknya sebelum Anda membeli buku, carilah Buku Best Seller. kenapa Harus Best Seller? Karena Buku Best Seller banyak diminati Konsumen. Sebab Kualitas Cover maupun Isinya baik, Sesuai dengan Trend bahkan harganya Terjangkau, selain itu Buku Best Seller mengalami cetak ulang beberapa kali. selain itu buku tersebut tidak lekang dalam waktu yang lama karena selalu memberikan manfaat dari generasi ke generasi. hal ini terbukti dari banyaknya penjualan dan Peminat Buku Best Seller.
#6. Beli Buku Langsung Ke Penerbit
Perlu Anda ketahui di Negara kita ini terdapat banyak Penerbit sebagai tempat para Penulis mengirim dan menerbitkan bukunya. Namun, tak jarang semua penerbit yang ada di Indonesia memiliki keahlian didalam menerbitkan sebuah buku yang benar-benar berkualits.
hanya penerbit yang sudah berpengalaman dan cukup lama, yang benar-benar memiliki kemampuan tersebut. Selain itu, penerbit yang sudah berpengalaman pada umumnya memiliki banyak penulis buku yang baik, berkompeten dibidangnya dan tentunya berkualitas.
saran saya carilah buku yang diterbitkan oleh Penerbit yang sudah terkenal baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. tak jarang sebuah Penerbit Besar biasanya selain menjual buku di toko-toko buku ia juga menjual secara online lewat Website yang dimilikinya. Silahkan Anda kunjungi website Penerbit Ternama yang ada di Indonesia.
#7. Berkunjung Ke Book Fair
Book Fair Merupakan Angin segar bagi para Peminat Buku, karena dengan adanya book fair banyak manfaat yang Anda dapatkan, salahsatunya adalah mendapatkan buku dengan harga yang sangat miring, selain bisa menghemat uang, Anda juga bisa memilih beraneka ragam macam buku, mulai dari Politik, Pendidikan, Sosial, Psikologi, Sastra, Ekonomi, Fiksi dll.
Apabila di Kota ataupun Kampus Anda Terdapat Book Fair jangan sia-saiakan kesempatan tersebut untuk membeli buku. syukur-sykur apabila di book fair tersebut ada acara talk show/bedah buku bersama penulis terkenal. lumayan kan bisa bertemu dengan penulis terkenal.
------------------------------------------------------------------------------------------------------
Bagaimana menurut Anda setelah membaca tulisan ini? atau Anda memiliki Tips yang lain dalam membeli buku? apabila anda memiliki saran alangkah senangnya bila anda mau berbagi bersama saya dalam komentar dibawah. Terimakasih...

Salam,
Hibatul Wafi

Postingan terkait:

Bagaimana menurut Anda? Senang sekali jika Anda mau berbagi pendapat dengan saya disini. :)