6 Tips Menghindari Kejenuhan Saat beraktivitas


Pada Artikel kali ini saya akan membahas tentang Tips Menghindari Kejenuhan Saat Berkativitas, sebelum itu saya ingin menjelaskan apa itu kejenuhan? dalam kamus bahasa Indonesia kata “jenuh” dimaknai dengan kata “bosan”, jemu, adalah suatu keadaan dimana perasaan bosan dan merasa jemu dengan suatu kondisi/keadaan. kehadiran jenuh, adalah efek samping yang tak bisa dielakkan. tak bisa dipungkiri lagi aktivitas sehari-hari yang sering kita jalani kadang kala medatangkan kejenuhan.

Berikut ini  beberapa tips menghindari kejenuhan saat beraktivitas, semoga tulisan ini bisa membantu Anda kembali produktif didalam bekerja dan beraktifitas:


#1. Jangan melakukan aktivitas yang monoton
Perlu kita ketahui bahwa aktivitas yang itu dan itu saja membuat kita jenuh dan bosan, cobalah sobat luangkan waktu beberapa menit untuk melakukan aktivitas / kegiatan yang lainnya. Misal, setelah sekian jam bekerja di depan computer pidah kepekerjaan lain seperti membuat kopi ataupun minuman kesukaan sobat.

#2. Lakukan beberapa gerakanApabila terlalu lama bekerja, biasanya membuat tubuh dan anggota badan  pegal-pegal. jika pundak, punggung dan bagian leher terasa kaku karena sering menunduk di depan meja kerja, cobalah untuk melakukan beberapa gerakan sederhana untuk melemaskan otot-otot sobat. Misalnya memutar leher dan pundak merupakan pergerakkan yang mudah dan juga InsyaAllah efektif. Bisa melakukan pijatan sediri ataupun meminta bantuan teman.

#3. Minum Air PutihAir Putih selain dapat menyegarkan badan saat dehidrasi juga bermanfaat untuk menstabilkan metabolisme tubuh saat beraktivitas. selain itu Air Putih merupakan minuman terbaik dibandingkan dengan minuman yang sudah tercampur dengan berbagai macam rasa dan pewarna, sebab Air putih mudah diserap oleh tubuh kita.

#4. Mengalihkan Pandangan ke luar ruangan.
Maksudnya apabila Anda beraktivitas didalam ruangan dengan durasi yang cukup lama, dan bosanpun menyerang. cobalah untuk memandang ke luar ruangan dengan memfokuskan kearah langit yang biru ataupun ke pepohonan yang hijau. Dengan memandang langit yang biru dan pepohonan yang hijau dapat mengurangi rasa stress serta kejenuhan dalam pikiran.

#5. Melakukan Pekerjaan yang disukaiTak bisa dipungkiri bahwa manusia itu cenderung melakukan kegitan yang disukainya, karena dengan melakukan kegiatan tersebut mereka tidak akan merasa terbebani. Hal ini terbukti dari beberapa orang yang suka melakukan pekerjaan berdasarkan hobinya. seperti yang pernah dikatakan oleh kang Emil (Ridwan Kamil) wali kota Bandung ini yaitu : “sebaik-baiknya pekerjaan adalah hobi yang digaji” dari perkataan ini saya dapat menyimpulkan bahwa dengan menggeluti hobi akan membuat rasa senang dalam hati, serta mendapatkan bonus berupa uang. Tentunya hobi yang digelutinya tersebut bermanfaat, jangan berharap kalau sobat hobinya hanya tidur dan tiba-tiba meghasilkan uang, itu Tidak mungkin bin mustahil.hehe..

#6. Niat dan Ikhlas Karena AllahNah ini hal yang paling penting, kita melaukan pekerjaan dan aktivitas harus berdasarkan pada niat yang baik. Yakni untuk beribadah kepada Allah SWT, seperti yang tertulis dalam al-Qur’an “Tidaklah Aku ciptakan Jin dan Manusia melaikan untuk beribadah kepadaKu”. Karena dengan meniatkan suatu pekerjaan dan aktivitas untuk ibadah, akan memberikan nilai khusus pada pekerjaan kita, selain pekerjaan tersebut dapat diselesaikan juga mendapatkan dua ganjaran, yaitu: pertama, ganjaran duniawi berupa target yang terselesaikan/gaji dan yang kedua ganjaran akhirat berupa pahala.

Aspek yang terakhir ini adalah Ikhlas, percuma saja apabila kita sudah melakukan pekerjaan sampai jenuh dan kita tidak ikhlas melakukannya akan berdapak pada diri kita sendiri yakni tibul rasa kecewa dan putuh asa. Karena Orang yang ikhlas bisa terlihat dari kesungguhannya bekerja dan beraktivitas.

Bagaimana Menurut Anda? Mudah-mudahn Beberapa tips tersebut dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan semoga dapat membantu Menghindari Kejenuhan Saat beraktivitas. Apabila bermanfaat silahkan dishare

Salam,
Hibatul wafi. (hibatulwafi.com)


*sumber gambar:
http://revista.sansanos.cl/wp-content/uploads/2011/11/trabajo-500x272.jpg


Postingan terkait:

Bagaimana menurut Anda? Senang sekali jika Anda mau berbagi pendapat dengan saya disini. :)