5 Tips membaca cepat

images (1) Untuk efesiensi waktu, biaya dan tenaga, Pelajar/Mahasiswa harus dapat membaca cepat. Problem yang sering dialami Pelajar/mahasiswa adalah sulit membaca cepat, sulit kosentrasi dan tidak banyak yang mampu diingat. Untuk mengatasi problem tersebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:
  1. Kenali terlebih dahulu ide dasar dari buku yang aka dibaca, dengan cara memperhatikan judul buku, bab, topik bahasan dan juga paragrafnya. Untuk mengenali buku secara global, kata pengantar atau muqodimah dan daftar isi cukup baik untuk dibaca dan dimengerti.

  2. Perhatikan tanda-tanda yang menunjuk kepada pokok pembicaraan atau kata yang memiliki arti penting sehubungan dengan pokok pembahasannya, umpamanya, kata-kata yang dicetak miring, digaris bawahi, dicetak tebal, dinomori dengan angka atau huruf.

  3. Perhatikan kata-kata yang menunjuk kepada makna penting, umpamanya kata-kata: Pertama, kedua dan seterusnya, umpamanya, disamping itu, selanjutnya, oleh sebab itu, bagaimanapun juga, jadi, kesimpulannya, pendeknya, dan istilah lain yang sejenis.
  4. Perhatikan tabel atau grafik, sebab keduanya sangat membantu dalam memahami suatu artikel.

  5. Pada saat membaca buku mahasiswa disarankan untuk:
  • Tidak bersuara, bahkan menggerakkan bibirpun akan mengganggu kecepatan membaca.
  • Mata dan otak harus bekerja sama.
  • Membaca Kelompok kata, dan bukan kata perkata apalagi huruf perhuruf. Adalah membaca jelek apabila dalam satu baris sering diulangi karena kehilangan pengertian.
  • Menguasai kosa kata dengan baik
Agar hasil bacaan dapat lebih banyak terekam, maka sebaiknya Pelajar/mahasiswa rajin membuat ringkasan atau resume dari Artikel yang dibacanya di dalam note book atau lembaran kertas yang mudah dibawa kemana-mana. Lebih baik lagi kalau ringkasan itu dikritisi, dibahas dan didiskusikan dengan sesama teman.

Demikian uraian singkat tentang 5 tips membaca cepat, semoga tulisan sederhana ini dapat membantu sahabat semua dalam membaca yang efektif.

Postingan terkait:

Bagaimana menurut Anda? Senang sekali jika Anda mau berbagi pendapat dengan saya disini. :)