Cara Membaca Buku yang efektif


hibatulwafi.com- Buku merupakan gerbang ilmu pengetahuan, banyak sekali manfaat dan ilmu yang didapat apabila kita berhasil membuka gerbang  tersebut dan masuk didalamnya. akan tetapi dikalangan pelajar seringsekali didapati kesulitan menerapkan cara membaca buku yang efektif.yang pertamakali diperhatikan sebelum kita membaca buku terlebih dahulu kita harus mengetahu kriteria buku yang akan kita baca. berikut ini Ada tiga macam kriteria buku yang masing-masing berbeda cara memperlakukannya.

Pertama buku-buku cerita dan sejenisnya cukup dibaca sekilas tanpa banyak membutuhkan energi.

Kedua buku-buku yang membutuhkan pemahaman dan latihan seperti buku ilmu pasti dan yang sejenis, harus dibaca dengan serius dan dipraktekkan

Ketiga buku yang mengandung bahasa logika seperti filsafat, perlu dibaca dengan cermat dan dengan pemikiran yang mendalam. Dengan demikian mahasiswa harus terlebih dahulu mengenali buku yang akan dibaca sehingga tidak salah dalam memperlakukannya. Secara garis besar ada lima langkah yang harus ditempuh untuk membaca buku yang efektif yang dikenal dengan SQ3R (Survey, Question, Read, Recall dan Review).
  • Survey artinya mengetahui apa yang akan dibaca, dimana didapatkan, bagaimana dan kapan membacanya.
  • Question artinya membuat seperangkat pertanyaan yang jawabannya kemungkinan berada dalam buku tersebut.
  • Read artinya membaca dan memahami artikel dalam suatu buku. Pada fase iniperlakuan terhadap buku tersebut perlu dipertimbangkan; apakah cukup dibaca sekilas, apakah perlu dicerna dan difahami mendetail, ataukah difahami dan diterapkan atau dihafalkan.
  • Recall artinya mengingat kembali materi yang telah dibaca. Sebaliknya setiap bab atau sub-bab dilakukan recall, sehingga dengan demikian akan mendapatkan minimal tiga keuntungan: pertama, meningkatkan konsentrasi, kedua, ada kesempatan memperbaiki pemahaman, ketiga, akan selalu aktif karena dituntut untuk mengambil kesimpulan dan mengutarakan isi dan susunan bacaan itu sendiri.
  • Review artinya melihat kembali apa yang telah dibaca untuk menyakinkan apakah recall yang telah dilakukan itu benar atau tidak, sesuai dengan bacaan atau tidak.

Semoga beberapa uraian singkat diatas mengenai Cara Membaca Buku yang efektif dapat bermanfaat.

Postingan terkait:

Bagaimana menurut Anda? Senang sekali jika Anda mau berbagi pendapat dengan saya disini. :)