Manfaat Akar Kuning sebagai obat Herbal


Tanaman herbal ini banyak terdapat di wilayah kalimantan. Orang-orang Suku Danyak memanfaatkan akar kuning sebagai panambah daya tahan tubuh dan obat malaria. Sejumlah penelitian menyebutkan jika tumbuhan nama Latin Fibraurea Choloroleuca ini memilik kandungan zat helpatopraktektor, yaitu zat yang bisa meningkatkan kerja hati dan mencegah kengker hati. Akar kuning yang sudah dicuci bersih dan dikeringkan juga berkhasiat  menyembuhkan segala penyakit yang berkenaan dengan hati atau liver, seperti hepatitis, penyakit kuning, mencegah sirosis atau kanker hati, menurunkan kadar serum transaminase pada hati, membantu proses penyembuhan diabetes atau kencing manis, anti malaria, anti kanker dan memelihara daya tahan tubuh.

Akar kuning ini sudah banyak yang menjual dalam bentuk kering dan dikemas higienis. Untuk memprosenya sangatlah mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini:


  1. Sediakan satu potong akar kuning, bersihkan dengan menggunakan lap kering.
  2. rebus dengan air panas sebanyak 1 gelas selama kurang lebih 4 menit sampai airnya berubah menjadi kuning.
  3. Pisahkan air dengan akar, lalu minum.
  4. Akar kuning yang telah direbus tadi bisa dikeringkan dengan cara diangin-anginkan lalu disimpan kembali dalam wadah tertutup, terpisah dengan akar kuning yang baru.
  5. Akar kuning tadi msih bisa dipakai berkali-kali sampai air rebusan sudah tidak berwarna kuning lagi.
demikian informasi tentang akar kuning sebagai obat herbal. semoga bermanfaat :)


sumber: Buku Bunga Sakti- Karya :Ulfah Khaerani

Postingan terkait:

Bagaimana menurut Anda? Senang sekali jika Anda mau berbagi pendapat dengan saya disini. :)