Manfaat Akar Alang-alang


Seringkali kita melihat tanaman yang tumbuh liar ini memiliki daun yang menyerupai rumput. karena kerap tumbuh dilapangan dan tempat-tempat yang tidak sering didatangi orang, tanaman liar ini tidak banyak diperhatikan. Namun siapa menyangka jika tanaman ini bagian akarnya sangat bermanfaat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit dari penyakit ringan hingga berat, seperti radang paru-paru dan
prostat. Akar alang-alang bersifat diuretik atau meningkatkan volume air seni karena kandungan kaliumnya yang berlimpah. Bersama dengan bahan-bahan lainnya, akar alang-alang menjadi efektif dalam proses pengobatan penyakit. selain bisa mengolah sendiri, Anda juga bisa memperoleh akar alang-alang dalam bentuk ekstrak di toko atau gerai herbal. Berikut ini cara pengolahan kar alang-alang sebagai obat herbal:

1. Untuk pengobatan Ashma
Sediakan akar alang-alang sebanyak 100 gram, daun sirih sebanyak 25 gram dan kencur sebanyak 25 gram. Semua bahan direbus jadi satu dengan satu liter air, jadikan tinggal setengah liter air. Saring lalu minum airnya dengan ditambahkan satu sendok teh air jeruk nipis dan satu sendok makan madu. Minum sebelum tidur malam. Hanya untuk satukali minum.

2. Untuk pengobatan diare
Sediakan akar alang-alang sebanyak 250 gram, lalu rebus bersama 2 gelas air selama 15 menit, jadikan 1 gelas. Minum setelah buang air besar. Akar alang-alang bisa membantu menyamankan perut dan saluran cerna.

3. Untuk pengobatan hipertensi akibat kerusakan ginjal
Sediakan 200 gram akar alang-alang dan maisan yang terbuat dari labu putih atau dikenal juga denga tangkue, rebus bersamaan dengan 2 gelas air. Jadikan satu gelas. Saring, lalu minum sehari dua kali.

4. Untuk pengobatan mimisan
Rebus akar alang-alang sebanyak 200 gram dengan 6 gelas air, jadikan 2 gelas saja. Saring, lalu minum sehari 3 kali. Pengobatan ini jika belum bisa menghentikan mimisan, ada baiknya Anda segera mengunjungi dokter terdekat. Mimisan pada anak yang kerap terjadi bisa diindikasikan mengidap penyakit tertentu seperti kanker.

5. Untuk pengobatan prostat
Sediakan akar alang-alang 500 gram, lalu rebus dengan 6 gelas air, Sisakan tinggal setengahnya. Minum rebusan ini sehari 3 kali.

6. Untuk membantu mengatasi masalah keputihan
Sediakan 500 gram akar alang-alang, daun pepaya sebanyak 2 tangkai, dan serbuk pulasari sebanyak 5 gram. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sisakan hingga setengah. Minum airnya satu kali sehari.


sumber: buku Bunga sakti - Karya: Ulfah Khaerani

Postingan terkait:

1 komentar:

HERBADREAM SOLO : 085702118190
Bagi rekan semua yang membutuhkan bahan baku herbal atau jamu dalam bentuk fresh/segar/basah, kering/simplisia, dan bubuk/powder untuk keperluan eksport/export, industry/manufaktur, dagang grosir ataupun ecer, salon kecantikan, klinik kesehatan, spa, apotek dan pharmachy/farmasi, penelitian kampus/universitas ataupun perusahaan meliputi bahan : Adas, akar alang-alang, akar pasak bumi, akar purwoceng, akar wangi, bengle/bangle, biji kedawung, biji mahoni, brotowali, bunga melati, cabe jawa, ceplikan/alba, ceplukan/ciplukan, daun bidara arab local, daun dewa, daun insulin, daun jati belanda, daun jati cina, daun jeruk purut, daun keji beling ngukilo, daun kelor, daun meniran, daun mimba, daun salam, daun sambungnyawa, daun sirsak, daun tempuyung, daun ungu, jahe emprit, jahe merah, jinten hitam local, kapulaga, kayu bidara laut, kayu legi/akar manis, kayu manis, kayu rapet, kayu secang, kayu sintok madu, kayu wolo, kencur, ketumbar, klabet/kelabet, klembak, kulit delima, kulit manggis, kumis kucing/remujung, kunir putih/kunyit putih, kunir/kunyit, lada hitam, lada putih/merica, lempuyang/puyang, lengkuas/laos, mahkota dewa, manjakani, mengkudu/pace, merica bolong/buah kayu putih, pegagan, pekak/bunga lawang/starseed, pulosari/pulowaras, rasukangin, rosella merah, rosella ungu, sambiloto, sarang semut, sereh, sirih hijau, tapak liman, temu giring, temu ireng/temu hitam, temu kunci/fingerroot, temu mangga, temu putih, temulawak, tribulus, dan widoro upas/bidara upas, dan lain-lain. Kami siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia (jawa : Jakarta, bogor, depok, tangerang, bekasi bandung, solo dan lain-lain, sumatera, kalimantan, Sulawesi, Maluku, irian jaya, bali, nusa tenggara barat dan nusa tenggara timur dan wilayah Indonesia lainnya) dan luar negeri. Bisa suplai kontiyu. Bisa menghubungi HERBADREAM yang berlokasi di SOLO dengan nomer 085702118190. Juga menyediakan bibit daun dewa, bibit sambungnyawa, bibit binahong, bibit yacon/yakon/insulin (tithonia diversifola)

Bagaimana menurut Anda? Senang sekali jika Anda mau berbagi pendapat dengan saya disini. :)